TNI Angkatan Laut Berhasil Gagalkan Pengiriman TKI Ilegal Ke Tawau Malaysia

admin - Penulis Berita

Minggu, 7 Mei 2023 - 07:48 WIB

LINGKAR SULAWESI NEWS.ID

Jakarta -Prajurit TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Satgas Marinir Ambalat XXVIII BKO Guspurla Koarmada II bekerja sama dengan Tim BAIS TNI.

Berhasil menggagalkan 15 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal yang akan masuk ke Tawau Malaysia melalui jalur tikus di Pulau Sebatik, sekaligus mengamankan 2 orang yang diduga sindikat pengiriman di wilayah Nunukan, Kalimantan Utara, Minggu (07/05/2023).

Aksi penggagalan tersebut dilaksanakan di Pos Marinir Bambangan, Kecamatan Sebatik Barat, para CPMI ilegal diserahkan kepada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, Kabupaten Nunukan.

Sejumlah 15 CPMI ilegal yang berhasil di amankan terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan, setelah dimintai keterangan, (BP2MI) Kaltara cabang Nunukan untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Sedangkan 2 agen atau penyalur diserahkan ke Polres Nunukan untuk pendalaman.

Satgasmar Ambalat BKO Guspurla Koarmada II telah menggalakkan pengawasan terhadap kemungkinan adanya pekerja migran yang akan menuju Malaysia secara ilegal.

Terutama pasca Idul Fitri yang biasanya terjadi peningkatan upaya pengiriman tenaga migran secara tidak sah.

Pada waktu yang sama, Tim Gabungan SFQR Pangkalan TNI AL Nunukan dan Tim Satgas Lantamal XIII Tarakan berhasil mengamankan speedboat bermesin 40 PK.

Beserta 9 orang penumpang yang diduga calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) saat hendak menyeberang ke Pulau Sebatik, Kec. Sebatik Barat, Kab. Nunukan, dan rencana lanjut ke Tawau, Malaysia.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh bahwa ke sembilan penumpang tersebut akan berangkat ke Tawau Malaysia untuk bekerja di wilayah Lahad Datu Malaysia.

Serta sebagian lainnya untuk menemui keluarga yang tinggal di Tawau Malaysia dengan cara menyebrang melalui pengurus PMI non prosedural yaitu melalui seorang agen dengan inisial BT, tanpa dilengkapi dokumen keimigrasian.

Selain itu juga diamankan pemilik sekaligus motoris speedboat jenis Tabe dengan mesin Yamaha 40 PK, Muhammad Saleh alias Amat yang kesehariannya seorang wiraswasta asal Bambangan, Kec. Sebatik Barat, Kab. Nunukan.

Dari keterangannya Amat menyampaikan bahwa dirinya diminta oleh BT untuk mengangkut penumpang dan tidak tahu apabila penumpang tersebut adalah PMI non prosedural.

“Setiap penumpang yang akan bertolak dikenakan biaya sebesar RM. 1.100 (setara Rp 3.850.000) dari Nunukan sampai ke Tawau Malaysia”, terang Amat.

Selanjutnya Tim gabungan telah membawa dan mengamankan saudara BT selaku pengurus PMI non prosedural. Selanjutnya Lanal Nunukan berkoordinasi dengan BP2MI Nunukan untuk pelimpahan perkara tersebut.

Keberhasilan tim gabungan TNI AL dalam menggagalkan pengiriman TKI ilegal ke Tawau Malaysia ini sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal).

Laksamana TNI Muhammad Ali kepada seluruh jajaran TNI AL untuk selalu waspada dan merespon cepat dengan segala informasi dalam hal ini mengenai kegiatan pengiriman TKI ilegal, khususnya di wilayah perbatasan RI.

 

Autentikasi: TNI Angkatan Laut.

Berita Terkait

Walikota Makassar Meninjau Langsung Proses Evakuasi Trans Mall Makassar
Pangkoopsud I Bersama Pejabat Forkopimda DKI Jakarta Beri Kejutan Hari Ulang Tahun Polri Di Polda Metro Jaya
Terbaik Tawwa Kembali kunjungan study Tiru Dinas BKKBN provinsi Sulawesi Barat di kelurahan Maccini Sombala 
Pemkab- PKK Kolaborasi Launching Rumah Gizi Atasi Stunting di Takalar
Dansatgas Yonif RK 115/ML Mendampingi Masyarakat Menyampaikan Aspirasi Kepada Pemerintah Daerah Puncak Jaya
Camat Mamajang Didapmpingi Kepala Seksi Pemerintahan Camat Mamajang Mengikuti Bimbingan Teknis Penyusunan LPPD
Camat Tamalate Safari Ramadhan di Masjid Al-Abrar Jln. Sultan Alauddin Kelurahan Pa’baeng-baeng
Perketat Pengamanan Jalur Tikus Jelang Idul Fitri Lima Orang Palang Merah Indonesia Non Prosedural Diamankan Prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gty
Tag :

Berita Terkait

Selasa, 21 Maret 2023 - 12:52 WIB

Dorong Penyediaan Air Minum Aman Pemerintah Kota Makassar Kolaborasi Dengan USAID

Selasa, 18 April 2023 - 22:01 WIB

Rakor Forum Konsultasi Publik Hasil Registrasi Sosial Ekonomi Danny Pomanto Instruksikan Camat Lurah Turun Langsung Bantu Badan Pusat Statistik

Sabtu, 28 Januari 2023 - 18:50 WIB

Jagai Anak Ta Pesan Pak Camat Tamalate Dalam Kegiatan Sosper Di Hotel Almadera

Sabtu, 29 April 2023 - 15:10 WIB

Ketua Wilayah Klasis Gereja Baptis Kabupaten Lanny Jaya Apresiasi Kepedulian Satgas Yonif 721/Mks Kepada Masyarakat

Selasa, 11 Juli 2023 - 16:42 WIB

Di Anjungan City Of Makassar, Camat Ujung Pandang Hadiri Gala Dinner APEKSI 2023

Kamis, 20 April 2023 - 16:02 WIB

Walikota Hadiri Syukuran Jelang Pembukaan Trans Snow World

Senin, 2 Januari 2023 - 19:46 WIB

Camat Mamajang Menghadiri Lomba Latto-Latto

Kamis, 13 Juli 2023 - 23:13 WIB

Bersama Wawali, Ketua TP PKK Makassar Jamu Istri Wali Kota se-Indonesia di Ladies Program APEKSI XVI

Berita Terbaru