Sidang KKEP Polri Putuskan Pertahankan Richard Eliezer Sebagai Anggota Polisi

admin - Penulis Berita

Rabu, 22 Februari 2023 - 21:41 WIB

 

LINGKAR SULAWESI NEWS

 

Jakarta – Polri menggelar sidang komisi kode etik untuk memutuskan status kepolisian dari Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu, pasca-divonis 1,5 tahun dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

 

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkapkan, dari hasil kode etik tersebut, komisi memutuskan bahwa, Richard Eliezer dipertahankan sebagai personel Polri, atau dengan kata lain, yang bersangkutan tidak dipecat.

“Terduga pelanggar masih dapat dipertahankan untuk tetap berada dalam dinas Polri,” kata Ramadhan kepada wartawan di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 22 Februari 2023.

 

Disisi lain, Ramadhan menyebut bahwa, komisi sidang tetap menjatuhkan sanksi etika terhadap justice collaborator kasus pembunuhan berencana Brigadir J tersebut.

 

Ramadhan mengatakan, terkait dengan kasus tersebut, Richard Eliezer dijatuhkan sanksi demosi selama satu tahun lamanya.

 

“Perilaku pelanggar dinyatakam sebagai perbuatan tercela, kewjiban pelanggar meminta maaf secara lisan dihadapan sidang KKEP dam secara tertulis kepada pimpinan Polri, sanksi administratif yaitu mutasi bersifat demosi selama satu tahun,” ujar Ramadhan.

 

Ramadhan memaparkan pertimbangan hukum dari pada pimpinan komisi sidang etik tersebut, diantaranya terduga pelanggar belum pernah dihukum karena melakukan pelanggaran, baik disiplin, kode etik, maupun pidana.

 

Terduga pelanggar mengakui kesalahan dan menyesali perbuatan, terduga pelanggar telah menjadi justice collaborator atau saksi pelaku yang bekerja sama.

 

Di mana pelaku yang lainnya dalam sidang pidana pengadilan negeri Jakarta Selatan berusaha mengaburkan fakta yang sebenarnya dengan berbagai cara merusak, menghilangkan barang bukti dan memanfaatkan pengaruh kekuasaan.

 

Tetapi justru kejujuran terduga pelanggar dengan berbagai risiko telah turut mengungkap fakta yang sebenarnya terjadi.

 

Lalu, terduga pelanggar bersikap sopan dan bekerja sama dengan baik selama di persidangan sehingga sidang berjalan lancar dan terbuka.

 

Terduga pelanggar masih berusia muda, masih berusia 24 tahun, masih berpeluang memiliki masa depan yang baik apalagi dia sudah menyesali perbuatannya serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya di kemudian hari.

 

Kemudian, adanya permintaan maaf dari terduga pelanggar kepada keluarga Brigadir J, di mana saat persidangan pidana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, terduga pelanggar telah mendatangi pihak keluarga Brigadir J, bersimpuh, dan meminta maaf atas perbuatan yang terpaksa.

 

Sehingga keluarga Brigadir J memberikan maaf, semua tindakan yang dilakukan terduga pelanggar dalam keadaan terpaksa dan karena tidak berani menolak perintah atasan.

 

Terduga pelangga yang berpangkat Bharada atau Tamtama Polri tak berani menolak perintah menembak Brigadir J dan saudara FS karena selain atasan jenjang kepangkatan saudara FS dengan terduga pelanggar sangat jauh.

 

Dengan bantuan terduga, pelanggar yang mau bekerja sama dan memberikan keterangan yang sejujurnya sehingga perkara meninggalnya Brigadir J dapat terungkap.

Berita Terkait

Lahir Ditanggal Sama Bayi Laki Laki Lengkapi Kebahagian Dr Udin Malik Dan Aura Ramdhan
Fokuskan Pengembangan Pariwisata, Pemerintah Desa Bontomanai Gelar Pelatihan Pengembangan Wisata
TNI Angkatan Laut Bersama Kamar Dadang Dan Industri DKI Jakarta Berbagi Kebahagiaan Di Bulan Ramadhan
Semangati Generasi Muda Enyam Pendidikan, Dandim Sambas Beri Seminar Para Pelajar
Masjid Nur-Rasyid Jadi Kebanggan Mahasiswa FDK, Sebagai Satu-satunya Masjid di Antara Fakultas
aliansi rakyat indonesia melakukan unjuk rasa di depan markas polda sulsel
Bupati Wajo Sampaikan Duka Terkait Kebakaran di Sabbangparu
Sinergi Membangun Negeri Satgas Yonif 721/Mks Bersama Masyarakat Gelar Doa Bersama Dalam Rangka Pembangunan Jalan Di Distrik Malagayneri

Berita Terkait

Kamis, 5 Januari 2023 - 12:25 WIB

LAGI-LAGI MIRAS JADI PEMICU, NYAWA MANUSIA SEOLAH TAK BERHARGA.

Selasa, 14 Maret 2023 - 19:40 WIB

Pangkogabwilhan I Kunjungi Kodam XII/Tpr

Sabtu, 10 Juni 2023 - 16:17 WIB

Gunakan Mobil Patroli, Fatmawati Rusdi Pantau Gerakan Bersih Taman Kota

Senin, 1 Mei 2023 - 00:09 WIB

Disambut Langsung Bupati Jeneponto Walikota Makassar Hadiri Perayaan Hari Jadi Kabupaten Jeneponto Ke 160

Selasa, 23 Mei 2023 - 16:17 WIB

Camat Ujung Pandang Memantau Langsung Pembenahan Lorong Wisata Dalam Rangka Menyambut Multilateral Naval Exercise Komodo 2023

Selasa, 2 Mei 2023 - 23:48 WIB

Gerak Cepat Satgas Yonif R 200/BN Bantu Pemakaman Wakil Bupati Yalimo

Sabtu, 28 Januari 2023 - 15:03 WIB

Bersama Tripika Kunjungi Lorong Wisata Gale Kampung Selayar di kelurahan Banta Bantaeng

Selasa, 21 November 2023 - 13:31 WIB

Atasi Kesulitan Masyarakat di Perbatasan, Satgas Pamtas Yonarmed 10/ Bradjamusti Pos Langau 2 Bantu Warga Perbaiki Pipa Air

Berita Terbaru