Perketat Pengamanan Jalur Tikus Jelang Idul Fitri Lima Orang Palang Merah Indonesia Non Prosedural Diamankan Prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gty

admin - Penulis Berita

Rabu, 19 April 2023 - 18:03 WIB

LINGKAR SULAWESI NEWS

BENGKAYANG, KALBAR – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha Perketat pengawasan dan Pengamanan Jalur-jalur tikus/jalur tidak resmi (JTR) di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Dalam Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M dalam antisipasi keluar masuknya pelintas batas illegal dan masuknya barang – barang illegal khususnya penyelundupan barang haram Narkotika, Rabu (19/04/2023).

Kali ini Prajurit Pos Koki Jagoi Babang berhasil mengamankan lima orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang diduga PMI Non Prosedural di jalur tidak resmi/jalan tikus, Desa Jagoi Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalbar.

Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Dansatgas mengatakan, menjelang hari raya lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M Prajurit kami Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha melaksanakan pengawasan dan pengamanan perbatasan secara ketat dijalur-jalur tidak resmi/jalur tikus (JTR).

Dalam antisipasi peningkatan pelanggaran pelintas batas illegal serta dalam upaya mencegah kegiatan illegal serta masuknya barang – barang illegal khususnya penyelundupan narkotika yang sudah menjadi atensi dari pimpinan atas, ujar Dansatgas.

Dikatakannya, TNI dalam hal ini Satgas Pamtas tidak akan memberi celah sedikitpun untuk orang-orang yang melakukan kegiatan-kegiatan illegal di wilayah perbatasan RI-Malaysia .

Khususnya jalur tikus wilayah sector Kalimantan barat yang menjadi sector pengamanan kami, baik itu berupa barang maupun pelintas batas Kami akan ambil tindakan tegas apabila menemukan hal tersebut, tegasnya.

Kali ini Prajurit kami dari Pos Koki Jagoi Babang Satgas Pamtas Yonif 645/Gty yang di pimpin oleh Serda Viky Wahyu Dwi Ariel beserta tiga orang anggota saat sedang melaksanakan Ambush mengamankan lima orang Warga Negara Indonesia (WNI).

Yang diduga PMI Non Prosedural yang sedang melintas atau berjalan di jalur tidak resmi/jalur tikus dari arah negara Malaysia menuju Indonesia, imbuhnya.

Kemudian lima orang tersebut didekati dan dihentikan, selanjutnya antisipasi bawa barang – barang Illegal ataupun Narkotika dilaksanakan pengecekan dan pemeriksaan barang – barang bawaan tersebut.

Setelah dilaksanakan pengecekan dan pemeriksaan identitas KTP orang tersebut ternyata adalah WNI (Warga Negara Indonesia) yang tidak bisa menunjukan surat – surat.

Sesuai prosedur yang ada dan diduga PMI Non Prosedural yang hendak melintas masuk ke Indonesia melalui jalur tidak resmi/jalan tikus.

Kelima Orang PMI Non Prosedural tersebut yang bekerja buruh di Malaysia dan akan kembali ke Indonesia melewati jalur tidak resmi/jalur tikus tersebut berasal dari berbagai Provinsi seperti Kalbar dan NTB.

Selanjutnya Kelima PMI Non Prosedural tersebut berinisial AW (28), IK (25), AS (29), LA (27), HS (34).

Dansatgas menambahkan, dari tingkat kerawanan kegiatan penyelundupan dan kegiatan illegal lainnya yang cukup tinggi tersebut.

Maka diberlakukan pengawasan yang ketat dengan melaksanakan patroli dan Ambush setiap hari guna mencegah segala bentuk kegiatan illegal, tegas Dansatgas.

Selanjutnya Serda Viky melaporkan kejadian tersebut kepada Dan SSK II Pos Koki Jagoi Babang Kapten Inf Prayudy Yusga.

Kemudian Dan SSK II memerintahkan agar menyerahkan lima orang WNI yang diduga PMI Non Prosedural tersebut ke Pihak Pos Imigrasi Jagoi babang untuk didata sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Berita Terkait

Danramil 1016-05/Rungan Hadiri Panen Raya Jagung
Bunda PAUD Kota Makassar Wisuda Imunisasi 222 Balita se-Kota Makassar
Kasad Terima Delegasi Kontigen Garuda Unifil Tahun 2022
Jadi Perhatian Dunia KRI Bima Suci Primadona L’Armada Rouen 2023
Dekat Di Hati, Di Hari Kemerdekaan Satgas Mobile Raider 300 Ngaliwet Bersama Masyarakat
Pangdam XII/Tanjungpura Buka Bazar Murah Ramadhan Bantu Prajurit Dan Masyarakat Peroleh Kebutuhan Lebaran
Indira Yusuf Ismail Apresiasi The Body Shop Usung Gerai Berkonsep Daur Ulang
Pangdam I/BB Lapor ke Panglima TNI Terkait Pengusi Rohingnya 
Tag :

Berita Terkait

Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:52 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan RI Ke- 78 Satgas Pamtas RI – Mly Yonarmed 10/Bradjamusti Ajak Warga Gotong Royong Bangun Jalan di Perbatasan

Kamis, 1 Juni 2023 - 19:00 WIB

Gunakan Gerobak Arco Satgas Bersama Warga Angkut Tanah Di Lokasi TNI Manunggal Membangun Desa Reguler Ke 116

Minggu, 18 Juni 2023 - 23:23 WIB

Pangdam I/BB Kukuhkan Pengcab Perbakin Karo 2023 Sampai 2027

Senin, 20 Maret 2023 - 12:26 WIB

Perkuat Sinergitas TP PKK Kota Makassar Kejar Penurunan Stunting

Selasa, 21 Maret 2023 - 13:26 WIB

Dorong Penyediaan Air Minum Aman Pemerintah Kota Makassar Kolaborasi Dengan USAID

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 22:59 WIB

Konflik Lahan di Ciampel, Anggota DPRD Sebut Dosa Perhutani

Jumat, 28 Juli 2023 - 00:51 WIB

Aktif Bangun Kekayaan Intelektual, Makassar Raih Penghargaan dari Kemenkumham RI

Jumat, 30 Desember 2022 - 11:21 WIB

Muskalsus Validasi, Finalisasi dan Penetapan Kpm Blt Tahun 2023 T.A 2023 

Berita Terbaru