Memasuki 10 Bulan Tugas Operasi Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Terima Penyerahan 79 Pucuk Senpi Illegal dari Warga Perbatasan

admin - Penulis Berita

Selasa, 21 Maret 2023 - 18:36 WIB

LINGKAR SULAWESI NEWS

KALBAR – Memasuki 10 (sepuluh) bulan operasi penugasan di perbatasan RI-Malaysia sektor barat kalimantan barat yang berbatasan dengan serawak malaysia.

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha sudah menerima penyerahan secara sukarela sebanyak 79 (tujuh puluh sembilan) pucuk senjata rakitan jenis Lantak, .Selasa 21 Maret 2023.

Bomen dan Rira meriam, dalam waktu ini ada 2 (dua) Pos yang mendapat penyerahan dengan waktu yang bersamaan yaitu Pos Panga dan Pos Gabma Sajingan.

Yang mendapatkan penyerahan senjata api rakitan jenis Lantak secara sukarela dari warga perbatasan.

Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI – Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H.

Dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Dansatgas mengungkapkan, prajuritnya terus bekerja keras dalam mengamankan perbatasan wilayah Indonesia dengan Malaysia wilayah sector barat Kalimantan barat yang berbatasan langsung dengan serawak malaysia.

Selama memasuki 10 (sepuluh) bulan menjalankan tugasnya, prajurit satgas pamtas yonif 645/Gardatama Yudha sudah berhasil mengamankan sebanyak 79 (tujuh puluh sembilan).

pucuk senjata rakitan jenis Lantak, Bomen dan Rira meriam hasil dari penyerahan secara sukarela dari warga perbatasan, ungkap Dansatgas.

Dansatgas berkomitmen dan memastikan akan terus berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap penugasan diwilayah perbatasan ini. Menurutnya.

keberhasilan tersebut bisa terjadi lantaran karena kerja keras dari anggota Satgas Pamtas Yonif 645/Gty serta terjalinnya komunikasi dan hubungan yang baik dengan masyarakat di perbatasan, ujarnya.

Dikatakannya, “Melalui komunikasi yang baik dan kegiatan territorial dengan warga perbatasan, sehingga warga masyarakat perbatasan menjadi semakin dekat dan percaya terhadap prajurit TNI yang khususnya Satgas Pamtas Yonif 645/Gty.

Sehingga dengan sukarela menyerahkan senjata api rakitan itu tanpa ada paksaan dari prajurit Satgas Pamtas, ini menjadi bukti dari kedekatan anggota Satgas Pamtas dengan masyarakat perbatasan.

Yang merupakan hasil dari kegiatan teritorial Komunikasi Sosial (Komsos) yang setiap hari gencar dilakukan anggota Satgas Pamtas Yonif 645/GTY”, terangnya.

Berdasarkan undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951 telah diatur jelas aturan dan sanksinya dari aturan tersebut.

Adapun salah satu bunyi pasal dalam undang -undang tersebut adalah “setiap orang dilarang menyimpan dan memiliki senjata api tanpa izin dapat dikenakan sanksi pidana”, tegasnya.

Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Dansatgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha Letkol Inf Hudallah, S.H. selaku Dansatgas Pamtas RI- MLY.

Sektor Barat Kalbar memberikan apresiasi kepada pos – pos yang telah berhasil dan tetap eksis melaksanakan tugas pembinaan teritorial (binter) terhadap wilayah binaannya.

Selain dalam tugas pokok mengamankan wilayah perbatasan RI – Malaysia serta mencegah kegiatan illegal dan masuknya barang – barang illegal yang menjadi perhatian kali ini penyelundupan Narkotika.

“Terima kasih kepada seluruh Prajurit Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha memasuki tugas operasi 10 bulan ini yang telah bertugas maksimal dan berprestasi.

Saya berpesan agar tetap semangat untuk memberikan yang terbaik bagi satuan Yonif 645/Gardatama Yudha,” tutup Dansatgas.

Berita Terkait

Sambut Natal Dengan Kebahagiaan dan Kedamaian, Satgas Yonif 122/TS Bersama Pemuda Kampung Banda Menghias Kampung Dengan Membuat Pohon Natal
Danny Pomanto Ajak Arsitek se-ASEAN Sinergi dalam Membangun Kota
Satgas Pamtas RI- Malaysia Yonif 645Gardatama Yudha Terima Kunjungan Danbrigif 19 Khatulistiwa
Program Lorong Wisata Danny Pomanto Raih Penghargaan Inovasi Membangun Negeri TV One 2023
Satgas Yonif 132/Bima Sakti Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Untuk Masyarakat Papua
Kolonel Inf F K Panjaitan Secara Resmi Serahkan Jabatan Komandan Kodim 1016/Plk Kepada Danrem 102/Pjg 
Kendalikan Harga beras di Awal Romadhan Kodim 0613/Ciamis Kembali Sediakan Beras Murah Untuk Warga
Sekretraris Camat Mamajang Bersama Unsur Tripika dan Lurah Se Kecamatan Mamajang Melaksanakan Safari Ramadhan
Tag :

Berita Terkait

Kamis, 29 Juni 2023 - 09:21 WIB

Batas Waktu dan Prosedur Penyembelihan Hewan Kurban Iduladha 2023

Jumat, 18 Agustus 2023 - 22:44 WIB

Meriahkan HUT RI Ke-78, Camat Mamajang Gelar Pesta Rakyat

Selasa, 20 Juni 2023 - 17:52 WIB

Camat Tamalate Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Mendampingi Ibu Wakil Walikota Makassar

Minggu, 19 Maret 2023 - 21:49 WIB

Satgas Pamtas RI- Malaysia Yonif 645Gardatama Yudha Terima Kunjungan Danbrigif 19 Khatulistiwa

Minggu, 19 Maret 2023 - 12:27 WIB

Ramli Lallo Camat Kepulauan Sangkarrang Mendampingi Ketua DPRD Makassar Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mesjid Di Pulau Langkai

Minggu, 13 Agustus 2023 - 20:08 WIB

Partai Puncak Sepakbola Sebagai Penutup Piala Panglima TNI 2023

Jumat, 25 Agustus 2023 - 19:59 WIB

Toleransi Beribadah Satgas Mobile Raider 300/Bjw Siliwangi

Rabu, 5 Juli 2023 - 00:25 WIB

Diskop-Diskominfo Makassar Paparkan Inkubator UKM Dihadapan Rombongan Latpim Bali

Berita Terbaru