Jelang Idul Fitri Prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Berhasil Amankan Palang Merah Indonesia Non Prosedural Di Jalur Tikus

admin - Penulis Berita

Selasa, 11 April 2023 - 20:36 WIB

LINGKAR SULAWESI NEWS

BENGKAYANG, KALBAR – Jelang Hari Raya Idul Fitri sepanjang jalur – jalur tikus di wilayah perbatasan di perketat pengawasannya dan pengamannya dalam antisipasi keluar masuk pelintas batas illegal.

Dan masuknya barang – barang illegal khususnya barang penyelundupan haram narkotika, kali ini Prajurit Pos Komando Utama (KOUT) dan Pos Koki Jagoi Babang Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Selasa (11/04/2023).

Berhasil mengamankan 1 (satu) orang WNI yang diduga PMI Non Prosedural di jalur tidak resmi/jalan tikus sektor Pos Koki Jagoi Babang, Desa. Jagoi Kec. Jagoi Babang Kab. Bengkayang Provinsi Kalbar.

Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Dansatgas menerangkan, menjelang hari raya lebaran Idul Fitri Prajurit kami Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha melaksanakan pengawasan dan pengamanan perbatasan.

Secara ketat di jalur – jalur tidak resmi/jalur tikus dalam antisipasi peningkatan pelanggaran pelintas batas illegal serta dalam upaya mencegah kegiatan illegal serta masuknya barang-barang illegal khususnya penyelundupan narkotika, ujar Dansatgas.

Dikatakannya, TNI dalam hal ini Satgas Pamtas tidak akan memberi celah sedikitpun untuk kegiatan – kegiatan illegal di wilayah perbatasan khususnya jalur tikus baik berupa barang maupun pelintas batas.

Kami akan ambil tindakan tegas apabila menemukan hal tersebut, tegasnya.

Kali ini Prajurit Pos Kout dan Pos Koki Jagoi Babang di pimpin oleh Sertu Iqbal beserta 3 (tiga) orang anggota melihat 1 (satu) orang pejalan kaki dengan membawa tas dari arah Malaysia menuju Indonesia melalui jalan tikus tersebut.

Kemudian orang tersebut dihentikan dan didekati, selanjutnya antisipasi bawa barang-barang Illegal atau Narkotika dilaksanakan pengecekan dan pemeriksaan barang – barang bawaan tersebut.

Setelah dilaksanakan pengecekan dan pemeriksaan orang tersebut ternyata adalah WNI (Warga Negara Indonesia) yang tidak bisa menunjukan surat-surat sesuai prosedur yang ada dan diduga PMI Non Prosedural yang hendak melintas masuk ke Indonesia melalui jalur tidak resmi/jalan tikus.

Menurut keterangan yang diambil oleh prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gty bahwa orang tersebut, diduga PMI Non Prosedural bekerja di Malaysia sebagai buruh sawit.

Dan hendak kembali ke Indonesia dengan tujuan untuk pulang ke kampung halamannya, imbuhnya.

Selanjutnya setelah kejadian tersebut Sertu Iqbal melaporkan kejadian tersebut kepada Dan SSK II Pos Koki Jagoi Babang Kapten Inf Prayudy Yusga.

Kemudian Dan SSK II memerintahkan agar menyerahkan 1 orang WNI yang diduga PMI Non Prosedural tersebut ke Pihak Pos Imigrasi Jagoi babang untuk didata sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Dari kejadian tersebut, Pihaknya juga menjelang hari raya Idul Fitri akan lebih memperketat serta meningkatkan penjagaan dan kewaspadaan dalam melakukan patroli guna mencegah terjadinya pelanggaran hukum di wilayah perbatasan.

sebagaimana atensi pimpinan atau komando atas utamanya untuk dapat menggagalkan segala bentuk penyelundupan di wilayah Indonesia, tutup Dansatgas.

Berita Terkait

Jelang Muktilateral Naval Exercise Komodo 2023 Danny Pomanto Bersih Bersih Sisir Laut Pantai Losari
Pangdam Kasuari Hadiri Perayaan 14 Tahun Berdirinya Kabupaten Maybrat
Sat Narkoba Polres Luwu Menangkap 4 Terduga Pelaku Penyalahguna Narkotika Jenis Shabu
Pangdam XII/Tpr Dampingi Kunjungan Kerja Ketua DPR RI Di Kalbar
Usai Salat Tarwih Camat Panakkukang & Jajaran Direksi PD Parkir Makassar Raya Gelar Rapat Koordinasi
Dandim 0613/Ciamis Sambut Kunjungan Kasad di Situs Karangkamulihan
Mengisi Bulan Suci Ramadhan Kecamatan Rappocini Ikut Program Pemerintah Kota Makassar Pengajian
Kelurahan Kunjung Mae Penyuluhan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Ptsl
Tag :

Berita Terkait

Selasa, 31 Januari 2023 - 19:37 WIB

Berkat Pengobatan Gratis Warga Perbatasan Secara Sukarela Serahkan Senpi Rakitan kepada Satgas Pamtas Yonif 645/GTY.

Senin, 12 Juni 2023 - 16:58 WIB

Camat Mariso Pimping Langsung Upacara Bendera Di Halaman Kantor Kecamatan Mariso

Selasa, 6 Juni 2023 - 23:31 WIB

Kunjungi Kodim Sambas Pangdam XII/Tpr Minta Prajurit Dan Persit Jaga Kehormatan

Selasa, 16 Mei 2023 - 16:26 WIB

Bangun Komunikasi Anggota Satga TNI Manunggal Membangun Desa Reguler Ke 116 Silaturahmi Ke Balai Desa

Selasa, 9 Mei 2023 - 17:40 WIB

Komitmen Satgas Yonif Raider 200/BN Bersama Masyarakat Jaga Kebersihan Kampung Kobagma

Sabtu, 22 April 2023 - 13:08 WIB

Warga Parang Tambung Salat Idul Fitri Di Baruga Kaluarrang

Jumat, 17 November 2023 - 19:48 WIB

.761 Personil Gabungan TNI-Polri & Pemda Siap Amankan Aquabike Toba 2023

Rabu, 5 April 2023 - 23:43 WIB

Kesempatan Istimewa Kadet Negara – Negara Association South East Asia Nations Jadi Warga Kehormatan Kapal Republik Indonesia Bima Suci 

Berita Terbaru