Disematkan Baret Merah Kopassus, Kapolri: Jangan Ragukan Sinergisitas TNI-Polri Jaga NKRI

admin - Penulis Berita

Kamis, 29 Desember 2022 - 09:12 WIB

LINGKAR SULAWESI. Id

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono disematkan Baret Merah dan Brevet Komando dari pasukan elite Kopassus.

 

Terkait dengan hal tersebut, Sigit menegaskan bahwa, penyematan Baret Merah dan Brevet Komando Kopassus merupakan kebanggaan dan kehormatan yang luar biasa baik secara institusi Polri maupun pribadi selaku Kapolri.

“Ini adalah penghargaan yang sangat luar biasa. Karena kita tahu, Kopassus adalah pasukan elite, pasukan Baret Merah yang disegani. Tidak hanya di dalam negeri, namun juga dalam

 

penugasan di luar negeri. Oleh karena itu, tentunya apresiasi dan kebanggaan bagi saya selaku Kapolri serta apresiasi dan kebanggaan bagi seluruh anggota Polri,” kata Sigit di Mako Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (27/12/2022).

Sigit mengatakan, dengan adanya penyematan tersebut akan semakin meningkatkan sinergitas dan soliditas antara TNI dan Polri yang selama ini sudah terjalin dengan sangat kuat dan baik dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dan tentunya ini akan memperkuat dan tingkatkan soliditas dan sinergitas antara TNI-Polri,” ujar Sigit.

Dalam kesempatan tersebut, Sigit pun mengungkapkan bahwa dirinya dibesarkan dari keluarga yang memiliki latar belakang TNI. Sebab itu, Sigit menyebut, di dalam tubuhnya mengalir darah TNI.

“Jadi perlu rekan-rekan ketahui kakek saya, dulunya TKR dan kemudian menjadi Angkatan Darat (AD). Bapak saya, TNI Angkatan Udara (AU). Saya menjadi polisi dan saat ini menjadi Kapolri. Tapi di darah saya mengalir darah TNI,” ucap Sigit disambut teriakan Komando dari prajurit Kopassus.

 

Oleh karena itu, Sigit menekankan, tidak perlu lagi meragukan komitmen sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam menjaga keselamatan negara, bangsa dan rakyat Indonesia dari segala bentuk ancaman yang mengganggu.

 

“Jadi bicara sinergitas, dan soliditas tentunya tidak perlu diragukan lagi. Dan kami TNI-Polri siap mengawal dan menjaga NKRI, menjaga menghadapi musuh-musuh negara, menjaga agar kedaulatan negara, keamanan negara untuk mewujudkan tujuan nasional betul-betul bisa tercapai,” tegas Sigit.

 

Lebih dalam, Sigit memastikan, TNI-Polri kedepannya akan selalu menjadi satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan, ketertiban serta mempertahankan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

 

“Oleh karena itu, siapa yang menjadi musuh TNI, itu musuh Polri, siapa yang jadi sahabat TNI itu adalah sahabat Polri, dan TNI-Polri siap untuk mengawal dan mengamankan NKRI,” tutur Sigit.

 

Sementara itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono juga mengapresiasi penyematan Baret Merah dan Brevet Komando dari pasukan elite Kopassus. Dalam kesempatan itu, Yudo juga melihat langsung kegiatan latihan dari Kopassus.

 

Menurutnya, dengan peninjauan langsung kegiatan latihan Kopassus itu akan dijadikan bekal kedepannya dalam mengambil kebijakan sebagai Panglima TNI, khususnya dalam penanganan di wilayah konflik.

 

“Dengan apa yang telah ditampilkan, profesionalisme mereka di dalam melaksanakan tugas yang nantinya jadi bekal saya melaksanakan tugas kedepan dalam pengerahan kekuatan, dalam penggelaran operasi kedepan. Ini menjadi bekal saya, menjadi masukan saya untuk nanti merencanakan tugas-tugas kedepan khususnya di daerah yang konflik,” kata Yudo di kesempatan yang sama.

 

Yudo menyebut, prajurit terbaik Kopassus yang memiliki profesionalisme dan kemampuan tempur yang tinggi akan dikerahkan dalam mendukung tugas pokok TNI untuk menjaga kedaulatan Bangsa Indonesia.

 

“Tentunya untuk mendukung tugas pokok TNI dalam pengerahan kekuatan menjaga yang dipesankan Bapak Presiden menjaga kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dan juga mempertahankan bahwa TNI memiliki kepercayaan yang tinggi di masyarakat. Ini tentunya menjadi bekal kita bersama dengan saya melihat atau hadir di Mako Kopassus hari ini,” tutup Yudo.

Berita Terkait

Serbuan Teritorial Satgas Yonif RK 115/ML Pos Pintu Angin Memberikan Bantuan Pakaian Kepada Masyarakat Kampung Kulirik
Kasdim Pimpin Upacara Pemakaman Secara Militer Almarhum Sertu Agus Widodo
Panglima TNI Kiprah Para Prajurit Penjaga Dirgantara Terukir Dengan Tinta Emas Dalam Tegakkan Kedaulatan Negara
Perketat Pengamanan Jalur Tikus Jelang Idul Fitri Lima Orang Palang Merah Indonesia Non Prosedural Diamankan Prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gty
Safari Subuh Arafah Sumut Ke-44 Pangdam I/BB: Sesibuk Apapun Tetap Jaga Silaturahmi 
Satgas Pamtas RI-PNG Anjangsana Ke Kampung Swakarsa Dan Kampung Tanah Merah
Mencari Keberkahan Malam Lailatur Qadar Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Ajak Warga Mengaji Bersama
Acara Ngopi Bareng Insan Media Pangdam I/BB : Politik TNI Adalah Politik Negara

Berita Terkait

Rabu, 10 Mei 2023 - 09:45 WIB

Panglima TNI Beri Sambutan Secara Virtual Di Forum Internasional Islamabad Security Dialog

Sabtu, 25 Maret 2023 - 13:17 WIB

TNI Kodim 0710/Pekalongan Akan Rehab 5 Rumah Tidak Layak Huni Milik Veteran

Jumat, 6 Januari 2023 - 22:37 WIB

Kasdim Pimpin Upacara Pemakaman Secara Militer Almarhum Sertu Agus Widodo

Minggu, 16 April 2023 - 15:05 WIB

Berkah Ramadhan Satgas Yonif 132/BS Bagikan Takjil Gratis Kepada Masyarakat Di Perbatasan

Jumat, 21 Juli 2023 - 21:25 WIB

Satgas Mobile Raider 300/Bjw Siliwangi Bantu Lansia

Kamis, 11 Januari 2024 - 17:58 WIB

Pos Napan Satgas Yonkav 6/Naga Karimata Laksanakan Pembersihan di Sekitar Kebun Masyarakat

Sabtu, 17 Juni 2023 - 23:07 WIB

Jaga Kebugaran Masyarakat Satgas Yonif 721/Mks Bersama Puskesmas Kanggime Laksanakan Senam Bersama

Rabu, 12 Juli 2023 - 22:12 WIB

Kasal Tutup Pendidikan Dan Me-Wisuda Taruna Akademi Angkata Laut Angkatan Ke-68 TA 2023

Berita Terbaru