2 Orang Palang Merah Indonesia Non Prosedural Di Jalur Tikus Diamankan Tim Patroli Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha

admin - Penulis Berita

Senin, 3 April 2023 - 20:34 WIB

LINGKAR SULAWESI NEWS

Sambas, Kalbar – Bulan Ramadhan tidak dijadikan kendala demi menjalankan tugas pokok dalam penugasan diwilayah perbatasan, kali ini Prajurit Pos Gabma Sajingan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha.

pada hari Minggu (02/04/2023) kembali menangkap dan mengamankan 2 (dua) orang yang diduga Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural / Illegal, Senin (3 April 2023).

Yang nekat berusaha masuk ke Indonesia dari Malaysia melalui jalur tikus atau jalur tidak resmi (JTR) sektor kiri Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas.

Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Dansatgas mengatakan, jalur – jalur ilegal atau jalur – jalur tikus memang sering dilalui oleh pelintas batas ilegal tanpa melalui prosedur keimigrasian yang benar.

Sehingga perlu pengawasan dan pengamanan yang ketat guna mencegah penyelundupan melalui jalur – jalur tersebut, ujar Dansatgas.

Dikatakannya, karena tingkat kerawanan kegiatan penyelundupan yang cukup tinggi dijalur – jalur tikus atau jalur tidak resmi tersebut.

Walaupun di bulan Ramadhan dalam keadaan puasapun prajurit satgas pamtas kami tetap melakukan pengawasan yang ketat dengan melaksanakan patroli setiap hari.

Guna mencegah segala bentuk kegiatan illegal atau bahkan yang dihawatirkan penyelundupan narkoba yang masuk ke wilayah NKRI, tegasnya.

Kegiatan Patroli tersebut dipimpin oleh Praka Adrianus Pidra beserta 2 (dua) orang anggota, ketika sedang patroli berlangsung melihat ada 2 (dua) orang.

Yang mencurigakan yang keluar dari arah Malaysia menuju Indonesia dijalur tikus sektor kiri Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk tersebut, kemudian di berhentikan dan dilakukan pemeriksaan.

Dari pemeriksaan oleh Tim patroli ke 2 (dua) orang tersebut tidak bisa menunjukan bukti kepemilikan surat-surat atau dokumen yang sah sesuai aturan hukum yang berlaku di indonesia, imbuhnya.

“Dari hasil keterangan yang didapatkan, bahwa ke 2 (dua) orang yang diduga Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural tersebut berinisial BH (24) dan RS (29) tidak ada surat – surat legalitasnya yang sah atau dokumen resmi.

Menurut pengakuannya ke 2 (dua) orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural tersebut bekerja di malaysia di perkebunan sawit dan pada momen ramadhan ini mereka hendak pulang kekampung halamannya di Indonesia.

Dan dari hasil pemeriksaan barang – barang yang mereka bawa tidak diketemukan barang-barang illegal atau barang haram narkotika”, terangnya.

Dari kejadian tersebut Tim Patroli Satgas Pamtas Yonif 645/Gty melaporkan kepada Danpos Gabma Sajingan Letda Inf Rintho Lomboan kemudian dilanjutkan Danpos melaporkannya kepada Dan SSK I Koki Sajingan Kapten Inf Ikhwan Hadi Putra S.T. Han.

Untuk selanjutnya Dan SSK I atas perintah Dansatgas diperintahkan untuk ke 2 (dua) orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural tersebut.

Untuk diserahkan ke Pihak kantor Imigrasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk untuk didata sesuai prosedur yang berlaku, ungkapnya.

Berita Terkait

Kerahkan Peralatan Yang Ada, Tim Karhutla Mempawah Padamkan Titik Api
Rombongan Tripika Kecamatan Panakkukang Safari Ramadhan Di Kelurahan Tamamaung
Kepala Staf Angkatan Darat Pimpin Serah Terima Enam Jabatan Strategis Di TNI Angkatan Darat
Camat Rappocini Ikuti Gerakan Makassar Salat Subuh Berjemaah Pekan Terakhir Ramadhan 1444 Hijriah
Dandim 1016/Plk Hadiri Peresmian Pasar Wadai Ramadhan 1444 H Bersama Walikota Palangka Raya
Pastikan Kesehatan Masyarakat Papua Terjamin Satgas Pamtas Yonif 132/BS Melaksanakan Patroli Kesehatan
Indira Yusuf Ismail Bersama Kepala Disdik Makassar Genjot Kepsek Untuk Tingkatkan Mutu Sekolah
Camat dan Sekcam Lurah se-Kecamatan Panakkukang Hadiri Rakorsus Tahun 2023
Tag :

Berita Terkait

Selasa, 20 Juni 2023 - 15:22 WIB

Fatmawati Rusdi Pantau Kesiapan Lomba Kelurahan Tingkat Kabupaten Kota 2023

Sabtu, 29 April 2023 - 15:01 WIB

Kasrem 172/Pwy Pimpin Upacara Pelepasan Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif Raider 142/KJ

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:56 WIB

Kongres Ke-V Ikma Pgsd Indonesia, Gubernur Jatim Siap Dukung

Rabu, 12 Juli 2023 - 06:11 WIB

Latihan Pratugas Yonkav 6/NK Pangdam I/BB Berikan Jam Komandan

Kamis, 29 Juni 2023 - 09:21 WIB

Batas Waktu dan Prosedur Penyembelihan Hewan Kurban Iduladha 2023

Sabtu, 29 April 2023 - 12:07 WIB

Puncak Acara Hari Otonomi Daerah Dirangkaikan Dengan Mengunjungi Sejumlah Lorong Wisata

Rabu, 26 April 2023 - 17:46 WIB

Wujud Peduli Dan Belasungkawa Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Melayat Kerumah Duka Warga Binaan

Rabu, 31 Mei 2023 - 21:56 WIB

Camat Mamajang Bersama Camat Se Kota Makassar Dan Lurah Se Kecamatan Mendampingi Ibu Ketua TP PKK Kota Makassar

Berita Terbaru